Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Menjaga Kelestarian Tanah



Menjaga Kelestarian Tanah-- Alam itu sangat indah. Betul tidak ya? Coba kamu perhatikan di sekelilingmu, apa yang kamu lihat? Apa yang sedang kamu injak? Jawabannya pasti alam. Ya semua benda pada dasarnya berada di alam dengan media tanah, air dan udara.
Kamu dapat memerhatikan semua benda yang ada di tanah, air dan udara. Semuanya menunjukkan bahwa betapa banyak benda-benda alam sangat diperlukan manusia. Manusia selalu membutuhkan alam, karena jika alam diolah maka akan mendatangkan keuntungan. Oleh karena itu, alam terus  diburu oleh setiap orang, bahkan dengan berbagai cara.
Pemanfaatan alam yang tidak sesuai ketentuan dapat menyebabkan kehancuran bagi alam itu sendiri. Dengan begitu, perlunya pengetahuan bagaimana cara memerlakukan alam. Bagaimana cara melestarikan alam supaya tetap awet dan tidak rusak.
Salah satu bentuk menjaga alam adalah dengan melestarikan tanah. Bagaimana cara melestarikan tanah? Kamu pasti tahu bahwa tanah sangat penting bagi semua kehidupan. Tanah adalah materi atau bahan yang tidak padat dan berada dipermukaan bumi. Adapun fungsinya yaitu sebagai tempat semua kehidupan seperti tumbuhan, hewan, dan manusia. Bagi tumbuhan, tanah merupakan tempat untuk mencari makanan dengan menggunakan akar. Akar-akar tumbuhan dapat menyerap air, dan menyimpannya. Bagi hewan dan manusia yakni sebagai tempat melangsungkan hidupnya.
       Menjaga kelestarian tanah tidak hanya di lingkungan sekitar saja. Akan tetapi kamu juga dapat menjaga tanah seperti di lingkungan lain seperti di lingkungan perkotaan bahkan di hutan. Hal itu dikarenakan pencemaran tanah dapat terjadi di mana saja. Jagalah tanah sebaik-baiknya. Dengan begitu, maka lingkungan akan menjadi subur dan bersih dari berbagai penyakit. Supaya kamu lebih mengerti tentang cara melestarikan tanah, pelajarilah segala hal yang berkaitan dengan tanah!

A. Jeni-jenis Tanah                                                                         
Kamu tentu tahu bahwa Indonesia adalah negara kepulauan dengan daratan yang luas. Jika kamu telaah ternyata setiap tanah itu berbeda-beda. Apakah kamu tahu jenis-jenis tanah? Supaya lebih paham, berikut ini adalah jenis-jenis tanah yang ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
1.   Tanah Humus
     Apakah kamu pernah bermain ke pegunungan. Di pegunungan, banyak sekali pohon-pohon. Jika banyak pohon tentu banyak daun. Kadang-kadang, jika mencapai masanya, maka daun-daun tersebut berguguran. Daun-daun yang jatuh akan membusuk dan menyebabkan tanah menjadi subur. Selain daun, benda-benda lain yang menyebabkan tanah menjadi berhumus adalah batang pohon yang jatuh, semak-semak yang membusuk dan lain-lain.  Semakin banyak tumbuhan yang membusuk maka kualitas tanah akan menjadi semakin baik. Tanah humus biasanya terdapat di beberapa hutan tropis dan lebat. Salah satu hutan yang terdapat banyak humusnya adalah Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia terkenal dengan kekayaan hutan dan kesuburan tanahnya.
 2.  Tanah Pasir
   Tanah pasir adalah tanah yang bersifat kurang baik bagi pertanian. Tanah pasir terbentuk dari batuan beku serta batuan sedimen yang memiliki butir kasar dan berkerikil.
3.   Tanah Endapan
    Kamu pasti pernah mendengar sungai yang meluap dan membawa endapan lumpur. Di daerah tertentu yang banyak terdapat sungai biasanya air pasang ke permukaan membawa endapan lumpur ke permukaan. Endapan tanah tersebut di sebut tanah endapan. Tanah endapan adalah tanah yang dibentuk dari lumpur sungai yang mengendap di dataran rendah. Tanah tersebut memiliki sifat tanah yang subur dan cocok untuk lahan pertanian. Tanah endapan menjadi subur jika sebelumnya sungai tersebut belum terjadi pencemaran. Luapan sungai secara alami tererjadi diakibatkan dari pasangnya air sungai sebagi akibat banyaknya air yang mengalir dari hulu. Tanah endapan biasanya berada di daerah dekat sungai. Sehingga masyarakat yang dekat sungai seperti ini kebanyakan mata pencahariannya sebagai petani.
4.   Tanah Podzolit
      Apakah kamu mengetahi tanah podzolit? Tanah podzolit adalah tanah subur yang umumnya berada di pegunungan dengan curah hujan yang tinggi dan bersuhu rendah dingin. Tanah tersbut biasanya tumbuh beraneka ragam tanaman dan sayuran. Hal tersebut dikarenakan kesuburan tanah itu sendiri.
5.   Tanah Gunung Berapi
     Awalnya bencana gunung merapi merupakan sesuatu yang berbahaya. Hal itu dikarenakan lahar yang keluar sangat panas. Setelah beberapa tahun akibat dari letusan gunung tersebut membentuk tanah yang disebut tanah gunung merapi. Tanah gunung merapi disebut juga dengan tanah vulkanis. Supaya kamu lebih paham, tanah gunung merapi adalah tanah yang terbentuk dari lapukan letusan gunung berapi, setelah mengendap dalam jangka beberapa tahun di daerah sekitar gunung yang meletus. Tanah  tersebut termasuk tanah yang subur. Hal itu dikarenakan mengandung zat hara yang tinggi. Jenis tanah vulkanik dapat dijumpai di sekitar lereng gunung berapi.
 6.  Tanah Laterit
    Tanah laterit adalah tanah yang tidak subur yang tadinya subur dan kaya akan unsur hara. Akan tetapi, unsur hara tersebut hilang karena larut dibawa oleh air hujan yang tinggi. Contoh : Kalimantan Barat dan Lampung.
 7.  Tanah Kapur
    Di daerah yang terdapat kapur pasti jarang sekali tanaman. Tanah tersebut disebut tanah kapur. Tanah kapur adalah tanah yang tidak subur. Tanah ini terbentuk dari pelapukan batuan kapur. Contohnya di daerah Nusa Tenggara, Maluku, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
8.   Tanah Gambut
   Tanah gambut adalah jenis tanah yang kurang subur untuk bercocok tanam. Tanah terebut merupakan hasil bentukan pelapukan tumbuhan rawa. Di samping kurang kurang begitu subur, tanah tersebut juga sukar dijadikan lahan untuk bercocok tanam. Hal tersebut dikarenakan letak tanah tersebut yang berada di rawa-rawa. Daerah yang mempunyai tanah seperti itu biasanya berada di daerah dekat pantai. Contoh: rawa Kalimantan, Papua dan Sumatera.


B. Manfaat Tanah
Tanah memiliki manfaat bagi kita. Kamu tentu tahu beberapa manfaat tanah. Ya tanah pada dasarnya mempunyai manfaat sebagai berikut.

1.      Sebagai resapan
Jika kamu melihat keadaan di sekeliling rumahmu atau di perumahan-perumahan, maka kebanyakan lantainya terbuat dari tembok. Hampir tidak ada celah untuk tanah. Sebetulnya, hal ini berbahaya, karena akan menimbulkan banjir. Dengan adanya tanah maka air akan masuk ke tanah melalui pori-porinya. Masuknya tanah air ke tanah tentu sebagian besar berasal dilakukan oleh akar. Selain itu, tanah juga mempunyai pori-pori tersendiri, sehingga tanah merupakan salah satu alat lingkungan untuk mengatasi bahaya banjir.

2. Mengubah sampah organik menjadi kompos dan mengurangi emisi gas rumah kaca (CO2 dan metan)
Apakah kamu tahu tentang aktivitas tanah?  Salah satu hal yang dilakukan tanah adalah mengubah sampah-sampah organik (sampah yang yang berasal dari alam) menjadi berguna kembali. Sampah-sampah jika tidak dibusukkan tanah akan berbahaya bagi tubuh. Hal tersebut dikarenakan sampah akan menyebebkan bibit penyakit. Oleh karena itu sampah harus dibusukkan di tanah supaya aman. Sampah yang telah busuk akan menyebabkan kesuburan.
      Pernahkah kamu melihat pembakaran sampah? Pembakaran sampah dapat menyebabkan pemanasan global. Hal tersebut tentu sangat berbahaya bagi kehidupan. Dengan memanfaatkan peranan tanah, maka sampah-sampah tersebut dapat disimpan di dalam tanah. Jadi salah satu pemanfaatan sampah adalah dengan menguburnya di tanah.

3. Memanfaatkan peran aktivitas binatang  tanah
Tanah adalah tempat bagi semua kehidupan. Kehidupan tersebut tidak hanya dipermukaan tanah, tetapi di dalam tanah pun demikian. Banyak hewan tumbuh atau hidup di dalam tanah. Binatang-binatang tersebut secara tidak langsung telah membantu menyuburkan tanah, misalnya yang dilakukan oleh cacing. Hewan tersebut akan membantu mengubah sampah organik ( misalnya daun-daun) menjadi pupuk kompos secara alami. Pupuk kompos adalah pupuk yang diperlukan dalam pertanian. Oleh karena itu, hewan-hewan tersebut sangat penting bagi kesuburan tanah. Jika tidak ada tanah, maka hewan-hewan tersebut tentu tidak ada atau mati.
      Selain itu, keberadaan hewan-hewan tersebut juga dapat menjadikan lubang-lubang pada tanah. Lubang-lubang tersebut akan bermanfaat sebagai tempat untuk meresapnya air. Keberadaan lubang-lubang tersebut, senantiasa akan terjaga selama binatang tanah masih ada. Keberadaan binatang tanah dapat membantu peran manusia dalam menyalurkan air yang tidak diperlukan, misalnya genangan air. Kamu tentu tahu bahwa genagan air akan menimbulkan penyakit. Hal tersebut dikarenakan genangan air akan dijadikan tempat untuk berkembang biaknya bibit penyakit seperti nyamuk. Adanya lubang-lubang pada tanah secara tidak langsung bermanfaat bagi kehidupan.Untuk itu, jagalah binatang-binatang tanah tersebut. 

C. Pencemaran tanah
Apakah itu pencemaran tanah? Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Pencemaran tanah kebanyakan berasal dari ulah manusia itu sendiri. Pencemaran sersebut misalnya dari membuang sampah sembarangan, kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri dari pabrik-pabrik; penggunaan pestisida. Slain itu, pencemaran tanah dapat pula terjadi akibat kelalaian manusia, misalnya kecelakaan kendaraan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot