Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Sampah, dan Sumber Masalahnya


Setiap saat pasti kita selalu bersinggungan dengan sampah. Misalnya membersihkan rumah dari kotoran. Nah kotoran itulah yang dinamakan sampah. Sampah adalah suatu benda yang sudah tidak dipakai lagi. Sampah tentu saja harus dibuang. Jika tidak dibuang maka akan menimbulkan kotoran bahkan penyakit.
            Sampah terdapat dalam beberapa bentuk misalnya padat, cair, atau gas.  Dalam bentuk padat misalnya sampah plastik, kotoran hewan, sisa makanan dan lain-lain. Sampah yang berbentuk cair misalnya oli bekas, juice yang tidak terminum, air kotoran dan sebagainya. Sementara sampah yang berbentuk gas dapat berupa asap yang dihasilkan dari pabrik, kebakaran hutan dan lain-lain.
            Terdapat berbagai macam sampah yang dihasilkan oleh manusia. Banyaknya sampah menjadi masalah bagi kehidupan. Hal itu dikarenakan bahaya yang ditimbulkan dari sampah. Dengan demikian, berbagai kalangan selalu berupaya membuat penyelesaian dari masalah sampah tersebut.
Supaya kamu lebih memahami tentang sampah, pada dasarnya sampah mengandung prinsip-prinsip sebagai berikut.
a. Adanya benda atau barang yang sudah tidak terpakai lagi.
b. Barang tersebut telah digunakan oleh manusia atau mahluk hidup.

A. Sumber-sumber sampah

Terdapat banyak beberapa sumber sampah. Jika kamu telaah satu-persatu, mungkin sumber sampah tidak akan habis-habisnya, karena semua benda yang digunakan kemungkinan besar dapat menyebabkan sampah. Namun supaya kamu lebih memahaminya maka terdapat beberapa sumber sampah yang dapat menimbulkan sampah. Sumber-sumber tersebut antara lain.

1.   Sampah dari pemukiman

Jika sedang berada di rumah, maka biasanya kamu memakan berbagai macam makanan. Selain itu, kamu juga sering memakai pakaian dengan berganti-ganti dan melakukan berbagai aktivitas. Kegiatan tersebut tentu menimbulkan sampah, misalnya sisa buah-buahan, kertas, pakaian sisa, plastik dan sebagainya. Sampah-sampah tersebut harus selalu kamu bersihkan supaya rumah kamu menjadi bersih. Dengan demikian kamu akan menjadi anak yang sehat. Jadi, sampah dari pemukiman adalah sampah yang berasal dari kegitan manusia.

2. Sampah dari tempat umum

Apa yang dimaksud dengan tempat umum? Ya tempat umum adalah tempat yang selalu digunakan oleh semua orang. Tempat-tempat umum tersebut seperti pasar, WC umum, jalan raya, lapangan dan sebagainya. Adapun sampah yang dihasilkan dari tempat umum misalnya kertas, plastik, botol, kardus dan sebagainya.

3. Sampah dari kawasan industri

Di kota-kota besar biasanya terdapat berbagai macam pabrik. Jika kamu telaah maka terdapat beberapa sampah yang dihasilkan dari kawasan industri. Sampah yang berasal dari kawasan industri misalnya sampah-sampah pengepakan barang, logam, plastik, kayu, potongan tekstil, kaleng dan sebagainya. Sampah dari sisa industri kebanyakan susah untuk diuraikan dan menimbulkan pencemaran yang sangat berbahaya.Hal itu dikarenakan akan menimbulkan berbagai pencemaran seerti di tanah, air dan udara.

4. Sampah yang berasal dari pertanian

Jika kamu perhatikan ternyata sampah pun banyak terdapat di daerah pertanian. Para petani yang bekerja selalu menimbulkan sampah. Namun sampah yang diakibatkan dari para petani kebanyakan bersifat mudah dibusukkan. Sampah yang dihasilkan dari pertanian misalnya sampah dari hasil jerami, sisa sayur-mayur, batang padi, batang jagung, ranting kayu yang patah, dan sebagainya.

 5. Sampah dari pertambangan

Sampah dari hasil pertambangan tentu saja sampah yang ditimbulkan dari hasil kegiatan pertambangan. Sampah yang dihasilkan dari pertambangan biasanya bersifat sangat berbahaya. Hal tersebut dikarenakan sampah dari hasil pertambangan merupakan bahan-bahan yang berasal dari bahan yang bukan organik. Sampah yang dihasilkan dari pertambangan biasanya menimbulkan pencemaran baik lingkungan tanah, air atau udara. Jenis pertambangan yang biasa dilakukan di Indonesia misalnya batu bara, minyak bumi, gas alam dan sebagainya.sampah yang dihasilkan berupa oli atau minyak yang tumpah dan sebagainya.

 6. Sampah yang berasal dari mahluk hidup

Mahluk hidup tentu membutuhkan pembuangan. Jika tidak melakukan pembuangan maka tumuh akan menjadi sakit. Hasil dari pembuangan itu dapat menyebabkan sampah. Sampah dari mahluk hidup misalnya kotoran manusia, kotoran hewan, dan kotoran yang dihasilkan dari tumbuhan.


B. Jenis-Jenis Sampah

Sebelumnya tentu kamu telah mengetahui bahwa sampah sebenarnya berbentuk padat cair dan gas. Namun supaya lebih mudah untuk mengenali sampah tersebut kamu dapat mengenali jenis-jenis sampah berdasarkan bagian-bagian tertentu.
a. Sampah berdasarkan zat yang terkandung di dalamnya
Berdasakan pembagaian tersebut maka kamu akan mengetahui beberapa pebagian dari sampah yaitu.
1)      Sampah organik
Sampah organik adalah sampah yang dapat terurai jika dibusukkan. Sampah organik tidak terlalu membahayakan. Hal tersebut dikarenakan jika sampah tersebut diolah maka akan bermanfaat terutama terhadap pertumbuhan tumbuhan. Sampah organik misalnya daun-daun, batang tanaman dan sebagainya.
2)      Sampah anorganik
Sampah anorganik adalah sampah yang sulit untuk diuraikan. Sampah anorganik merupakan sampah yang sangat berbahaya. Hal tersebut dikarenakan sampah anorganik sangat sulit diuraikan. Sampah anorganik misalnya plastik, kaleng, logam, minyak dan sebagainya.
 
b. Berdasarkan dapat tidaknya dibakar
Sampah pada dasarnya ada yang dapat dibakar adapula yang tidak dapat dibakar. Apakah kamu ingin tahu jenis-jenis sampah yang dapat dibakar dan tidak dapat dibakar. Ayo phamilah hal-hal berikut ini.
    1)  Sampah yang mudah terbakar, misalnya kertas, daun, kain, oli, minyak dan sebagainya.
    2)  Sampah yang tidak dapat terbakar, misalnya kaleng-kaleng bekas, logam bekas, pecahan kaca, dan sebagainya.

c. Berdasarkan karakteristik sampah
1)  Garbage adalah jenis sampah hasil dari pembuatan makanan. Sampah ini berasal dari rumah tangga, restoran, hotel, dan sebagainya.
2)   Rabish adalah sampah yang berasal dari perkantoran, perdagangan.  Sampah tersebut misalnya kertas, karton, plastik dan sebagainya.
3)    Abu adalah sisa pembakaran termasuk abu rokok.
4)  Sampah jalanan adalah sampah yang berasal dari pembersihan misalnya daun-daunan, kertas, plastik, pecahan kaca, besi, debu dan sebagainya.
5)    Sampah industri adalah sampah yang berasal dari industri atau pabrik-pabrik.
6)    Bangkai binatang adalah bangkai binatang yang mati baik disengaja atau tidak disengaja.
7)   Bangkai kendaraan adalah berbagai jenis kendaraan yang sudah tidak terpakai lagi seperti mobil, sepeda dan  sebagainya.
8)    Sampah pembangunan adalah sampah dari proses pembangunan gedung, rumah, dan sebagainya. Contoh sampah ini misalnya puing-puing, potongan-potongan kayu, besi, beton, bambu, dan sebagainya.
Setelah kamu mempelajari sampah, selanjutnya kamu akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan plastik. Untuk  itu pahamilah semua bacaan selanjutnya.


0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot