Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Batu Mulia, Batu Nan Elok dan Menarik



Batu Mulia, Batu Nan Elok dan Menarik- Kebanyakan batu dikatakan mulia karena dihargai sebagai benda yang memiliki keindahan secara alami dan bukan karena kegunaan praktisnya. Bumi ini, termasuk Indonesia adalah Negara Kepulauan yang Sangat Kaya, banyak mengandung unsur-unsur yang sangat terbatas dan batu mulia salah satu di antara kelangkaannya, sehingga orang-orang selalu mencarinya. Untunglah proses alamiah mengumpulkannya pada suatu tempat tertentu melalui proses pembekuan atau organik batuan tersebut membentuk batuan yang sangat diminati oleh berbagai kalangan. Hingga saat ini, peminat batu mulia tak pernah padam dari pasaran. Banyaknya penyuka batu mulia, menjadikan keadaan tersebut menjadi bahan bisnis yang menggiurkan. Baca juga: Rental Musik, Usaha yang Tak Ada Habisnya. 
Beberapa batu yang sering dikatergorikan mulia adalah sebagai berikut.
1.      Batu Amber
Batu amber merupakan batu yang berasal dari resin pohonan yang menjadi fosil. Batu ini sangat menarik perhatian berbagai kalangan karena keelokannya. Batu amber sebagian besar menjadi batu ketika telah berumur 30 sampai 90 juta tahun. Pada awalnya resin pohon sebagai bahan baku amber lengket dan lunak, sehingga resin ini dapat pula mengikat beberapa serangga. Serangga yang terperangkap dapat ikut menjadi hiasan tersendiri bagi keelokan batu amber.
Batu amber memiliki warna yang berbeda-beda, bisanya amber yang berkualitas dicirikan dengan permukaan yang transparan. Beberapa jenis amber biasanya berwarna keputih-putihan, kuning limau, coklat, merah, hijau, dan biru. Warna biru merupakan warna yang sangat langka dan banyak dicari-cari.
2.      Giok
Istilah giok sering disebut juga batu jade yang merupakan sejenis batu permata hijau yang di dalamnya terdapat banyak unsur mineral.  Batu ini sangat terkenal karena di samping mempunyai nilai estetis yang sangat menarik juga dipercaya mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Orang-orang China mungkin salah satu pencari giok karena berbagai kegunaannya. Hingga saat ini batu giok banyak yang berasal dari daerah Tibet, China, Birma dan lain-lain.
Pengenalan akan batu giok sebenarnya telah diketahui sejak zaman dahulu. Batu ini diagungkan oleh suku-suku di berbagai wilayah seperti Asia timur, benua Afrika, dan Amerika. Sejak 7000 tahun yang lalu manusia mengagungkan batu giok sebagai hiasan dan senjata, seperti batu giok yang digunakan oleh suku Maoris yang menggunakan giok untuk senjata. 3000 tahun sebelum masehi batu ini dikenal oleh masyarakat China sebagai batu permata diraja. Oleh karena itu batu tersebut dianggap sebagai simbol kekuatan, kebaikan, kecantikan dan nilai yang sangat tinggi. Sementara itu bagi suku maya dan aztec batu tersebut merupakan barang sangat berguna melebihi emas.
   Kualitas dari baru giok dapat ditentukan oleh hal seperti warna; kejelasan (clarity) yang berpengaruh terhadap pancaran cahaya yang dihasilkan; dan potongan dalam pembentukan giok. Warna yang paling dicari dan dipercaya memiliki kualitas tinggi adalah warna hijau yang murni, terang dan kuat. Namun terdapat pula beberapa warna giok biru, kuning, dan lain-lain. Batu giok dapat pula dibuat menjadi berbagai bentuk baik berukuran besar maupun kecil. Untuk berukuran besar batu ini dapat pula dibuat menjadi meja, patung besar dan lain-lain. Sementara untuk ukuran yang kecil biasanya dibuat menjadi liontin, anting, cincin, dan lain-lain.
3.      Garnet
Batu garnet merupakan salah satu batu mulia yang sangat jarang ditemukan.  Komposisi dalam batu garnet ialah kalsium, magnesium, alumunium, ferum, kromium, mangan, dan titanium.
    Batu garnet mempunyai beberapa jenis warna seperti merah keunguan (Almandine), merah tua ( Pyrope), merah jambu ( Rhodolite), oranye ( Spessartine), kuning atau hijau muda (Hessonite). Hijau ( Grossular) dan hijau (Uvarovite). Selain sebagai batu mulia, menurut sejumlah cerita, batu garnet mempunyai kesan mistis yang berkhasiat untuk menerangi malam dan memecah mimpi buruk, dapat menjaga keselamatan di jalan. Selain itu sebagian masyarakat mempercayai akan adanya perjumpaan kembali jika kita memberikan batu garnet kepada seseorang yang akan meninggalkan kita dikarenakan keperluan.
4.      Topas
Topas terdiri atas gugusan silikon yang mengandung gabungan alumunium dengan flourine dan hidroksil. Sejak zaman dahulu orang-orang Mesir kuno telah mengenal topas. Nama topas itu sendiri diambil dari nama kepulauan Topazos yang terletak di laut merah. Sementara bagi orang yunani topas bermanfaat karena diyakini akan memberikan kekuatan penglihatan baik penglihatan fisik maunpun penglihatan batin.
    Ketika meneliti topas, maka kesan keindahanlah yang sering meuncul menghinggapi kita. Beberapa warna yang membuat kita kagum adalah warnanya yang keemasan, coklat, biru dan merah jamu. Warna merah jambu adalah warna yang sangat jarang ditemukan. Jenis topas ini terdapat pula di Uni Soviet. Batu Topaz yang berwarna merah jambu merupakan topas langka dan memiliki harga paling mahal. Pemotongan topaz ini biasanya dalam bentuk pear dan terdapat juga yang dipotong dalam bentuk “step cut” atau cutting. Topaz berwarna merah jambu mempunyai kepadatan yang lebih tinggi dibandingakn dengan yang lainnya.
Topas yang banyak di pasaran adalah topas yang berwarna kuning. Benda ini banyak terdapat di brazil, Amerika Serikat, Sri Lanka, dan lain-lain. Sedangkan topas yang tidak berwarna dapat dijumpai di Brazil, German, Nigeria,   Zaire dan Namibia.
5.       Rubi
Rubi merupakan batu yang berasal dari corondum berupa alumunium oksida yang jernih dan bersih. Rubi berasal dari bahasa latin yaitu ‘lubram’ yang berarti merah. Batu ini termasuk batu mulia karena keberadaannya yang sangat menarik dan dicari oleh berbagai kalangan. Warna rubi bervariasi ada yang berwarna merah jambu sampai warna yang seperti lembayung. Rubi yang berwarna merah terang mengingatkan akan warna darah atau buah merah delima. Warna-warna merah tersebut sebetulnya merupakan hasil perpaduan dari alumunium yang bercampur dengan kromium.
    Daerah asal penghasil rubi yang terkenal adalah Myanmar. Selain itu, terdapat pula negara penghasil rubi lainnya seperti Madagaskar dan Afrika, meskipun dari segi kualitas masih unggul yang berasal dari Myanmar.
6.      Safir
Seperti halnya rubi, safir pun mempunyai bahan yang utama yang sama dengan rubi yaitu alumunium oksida, suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Jika warna merah yang disebabkan kromium menjadikan rubi, maka beberapa mineral kecil seperti besi, titanium memberikan warna biru yang disebut sebagai safir. Safir mempunyai beberapa warna seperti kuning ungu, jingga dan lain-lain. Namun warna biru (blue safir) merupakan kualitas yang terbaik dari sebuah safir.
   Safir terdapat di beberapa negara khususnya birma (Myanmar), Srilanka, Australia, Ceylon, Thailand, Afrika dan Rusia. Keberadaannya serat yang berwarna-warni telah menarik beberapa kalangan untuk memiliki batu mulia tersebut.
7.      Zamrud
Warna yang khas dari sebuah zambrud adalah hijau. Sekilas batu zamrud hampir sama dengan giok, tetapi jika dilihat dari serat dan pancarannya zamrud terlihat lebih indah dibanding dengan giok. Zamrud mempunyai sifat yang tahan panas dan tidak mudah berubah warna, sayang batu tersebut lebih rapuh jika dibandingkan dengan rubi dan safir.
  Zamrud merupakan batu permata yang tersusun dari silikat yang mengandung berilium. Keberadaannya sangat menarik kalangan pecinta batu sehingga zamrud termasuk batu mulia yang mempunyai harga yang cukup mahal terutama ketika potongan zamrud berbentuk oktagonal atau heart.
    Para pengguna zamrud percaya bahwa zamrud akan membawa keberuntungan. Itulah sebabnya kita sering melhat para pengusaha yang sering memakai zamrud sebagai hiasan. Terdapat beberapa negara sebagai penghasil zamrud kualitas tinggi seperti Kolombia, Serbia, Afrika, Zimbabwe,  Australia dan Brasil.
8.      Intan
Intan adalah mineral yang terdiri atas karbon. Benda tersebut terbentuk di bawah pengaruh suhu dan tekanan tinggi yaitu sekitar 600 km di bawah permukaan bumi. Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat yang istimewa terutama dalam kekuatan (sangat kuat) dan mampu mendispersikan cahaya. Kristal intan mempunyai delapan sisi. Namun untuk mendapatkan kualitas sebagai hiasan, perlu dilakukan penggosokan hingga bersisi banyak, sekitar 58. Sifat kekuatannya telah banyak  digunakan di dalam bidang industri, yakni digunakan sebagai mata bor dan gergaji.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot