Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Tips Usaha Taman Bacaan



Tips Usaha Taman Bacaan, Jika kita senang terhadap dunia pendidikan, maka taman bacaan adalah salah satu alternatif untuk menjadi lahan usaha. Memang usaha ini tidak begitu banyak mendatangkan untung, tetapi yang patut kita pikirkan adalah nilai sosial itu sendiri. Dengan adanya taman bacaan, secara otomatis kita ikut menyosialisasikan budaya membaca.
      Kita tahu bahwa saat ini minat membaca masyarakat kita sangat rendah. masyarakat lebih senang memilih tempat belanja jika dibandingkan dengan perpustakaan. Bahkan sebagian masyarakat saat ini banyak yang menyukai pergi ke tempat-tempat yang kurang mendidik. Sebagai pelurus semestinya kita mengadakan terobosan-terobosan tempat-tempat alternatif yang tidak membosankan. Dengan adanya taman bacaan yang dikelola dengan penuh kreatif diharapkan menjadi pusat kunjungan bagi remaja-remaja saat ini.
      Taman bacaan sebetulnya banyak dijumpai di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogja dan lain-lain. Namun jumlah taman bacaan yang ada tentu saja jauh masih kurang jika dibandingkan dengan jumlah orang yang membutuhkan bacaan.
      Bagaimana bisnis ini dijalankan? Taman bacaan cocok dilakukan oleh siapapun, termasuk kalangan remaja. Supaya lebih terasa ringan, dari mulai permodalan, administrasi, promosi, operasial dan manajemen, dapat dilakukan oleh beberapa orang secara patungan. Sehingga pada saat operasionalnya, dapat dilakukan Shift (bergiliran). Supaya menarik, desain tempat tersebut semenarik mungkin, sehinga orang-orang betul-betul nyaman untuk berkunjung ke tempat tersebut. Setelah itu lakukan promosi, misalnya dengan cara mengundang teman-teman sekolah, dan lain-lain.
Seiring dengan berjalannya waktu, melengkapi koleksi buku-buku bermutu adalah hal yang harus dilakukan. Membuat taman bacaan, selain mendatangkan untung tentu saja membuat kita banyak bertambah ilmu pengetahuan. Pada saat-saat tertentu akan lebih baik jika sering diadakan bedah buku, diskusi dan lain-lain. Jadi, ketika membuat taman bacaan jangan sampai kita tidak mengetahui isi buku-buku tersebut. Beberapa buku yang dapat dilengkapi misalnya dengan buku-buku komik, pemecahan soal ujian sekolah atau masuk perguruan tinggi, majalah, jurnal, buku komputer, teknologi, sastra, dan lain-lain.
 Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan tips atau langkah-langkah penting dalam membuat taman bacaan.
1.    Tentukan model perpustakaan, hal itu berkaitan dengan yang dilakukan selanjutnya. Kita dapat menentukan apakah dilakukan dengan perseorangan atau beberapa orang. Hal yang perlu diperhitungkan juga adalah adanya sumber daya yang akan mendukung terciptanya sebuah taman bacaan. 
2.   Mengumpulkna buku, buku merupakan objek dalam taman bacaan, jadi sumber keberadaannya harus diperhatikan. Kita bisa memulainya dari mengumpulkan buku-buku koleksi pribadi, membeli buku-buku bekas, atau meminta buku yang sudah tidak terpakai kepada saudara-saudara kita.
3.    Menentukan lokasi, sebenarnya taman bacaan dapat dilakukan di mana saja, namun alangkah lebih baik jika tempat tersebut tidak terlalu jauh dari akses masyarakat, bersih dan lain-lain. Kita dapat mendesain tempat apakah akan mengarah pada konsep alam, modern, gaul, semuanya dapat dilakukan semenarik mungkin.
4.   Mempersiapkan materi, beberapa hal yang termasuk materi yaitu berbagai jenis bacaan, tempat penyimpanan bacaan,  beberapa file operasional atau catatan, elemen pendukung yang membuat menarik pengunjung, misalnya crayon, kertas berwarna, naik manik untuk anak-anak   dan lain-lain.
5.    Mempersiapkan non material, hal tersebut menyangkut mental untuk senantiasa bertahan dan loyal terhadap apa yang dikerjakan di taman bacaan.
6.    Promosi dan membina jaringan, hal ini tentu saja untuk pengenalan dan kelangsungan taman bacaan di masa yang akan datang. 
Semoga bermanfaat....

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot