Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Rental Musik, Usaha yang Tak Ada Habisnya



Rental Musik merupakan usaha yang tak ada habisnya. Kita tahu, musik merupakan fenomena anak muda yang tidak ada habis-habisnya. Banyaknya grup band muda bermunculan di layar pertelevisian menunjukkan bahwa musik mendapat tempat di hati masyarakat. Sehingga, bisnis rental musik atau studio musik merupakan bisnis yang banyak diburu pecinta musik. Umumnya, orang yang berbisnis di bidang ini adalah pencinta musik atau gemar memainkan alat musik. Banyak orang yang mengatakan bahwa mempunyai bisnis di bidang musik merupakan perpaduan antara hobi dan bisnis, sehingga jika ada sebuah sewaan studio musik biasanya dilengkapi dengan usaha-usaha lain seperti penyedian alat-alat musik, kursus musik, dan lain-lain.
            Sebagian orang ada yang menyebutkan bahwa bisnis musik membutuhkan modal yang cukup besar. Pernyataan itu tidaklah salah. Namun dengan membutuhkan modal yang cukup banyak, akibatnya rental musik merupakan sesuatu yang langka. Ini adalah kekurangan sekaligus kelebihan. Dikatakan kelebihan karena dengan urungnya niat beberapa pebisnis, menjadikan bisnis ini sedikit saingan.
            Apa yang dibutuhkan dalam memulai bisnis rental musik? Tentunya beberapa alat musik, tempat, keterampilan, dan pengetahuan perkembangan musik. Seorang pebisnis misalnya harus mengetahui merek-merek musik standar agar para pecinta musik tidak berpaling kepada pebisnis lain. Jika kita akan memulai bisnis ini, beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut.
  1. Yakinkan bahwa kita mencintai musik dan mempunyai pengetahuan tentang musik. Hal tersebut untuk mengurangi biaya perawatan dan perkembangan musik.
  2. Carilah alat musik yang murah tetapi mempunyai kualitas yang sukup baik. Kumudain utamakan alat-alat yang standar rental seperti gitar, bass, dram, mixer, mic, kabel dan sound system.
  3. Buatlah studio semenarik mungkin agar kenyamanan pelanggan terjaga dan masyarakat sekitar tidak terganggu. Ingat menarik bukan berarti mahal.
  4. Buatlah management bisnis sebaikbaiknya
  5. Lakukan sosialisasi atau publikasi tentang keberadaan studio musik tersebut dengan kelebihan-kelebihan fasilitas yang diberikan.
  6. Berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Tetapi harus menerapkan disiplin bagi para pelanggan. Hal ini berkaitan dengan perawatan peralatan, jika peralatan digunakan dengan sembarangan dikhawtirkan alat-alat tersebut cepat rusak. Selain mengakibatkan menurunnya kualitas strudio, hal tersebut bahkan mengarah pada kebangkrutan.
Sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat….

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot