Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Memperkuat Jaringan Bisnis



Dalam menjalankan usaha bisnis, memperkuat jaringan termasuk hal yang sangat pokok. Sehebat apapun barang yang kita buat tidak akan menjadi apa-apa tanpa adanya jaringan pemasaran. Jaringan pemasaran akan mempermudahkan berbagai hal seperti mendapatkan keuntungan laba, mendapatkan bahan baku yang murah dan mempopulerkan produk yang kita jual.
        Dengan memperkuat jaringa, maka diharapkan para pembeli menjadi loyal untuk selalu membeli produk dari kita. Untuk itu dalam memperkuat jaringan harus terjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara pebisnis dan pasar. Beberapa hal yang dapat dilakukan di antaranya yaitu memberikan pelayanan baik, memberikan diskon, dan mempermudah dalam mendapatkan produk yang kita jual.
          Pemasaran merupakan layanan bagi pasar. Diusahan dalam berbagi bisnis untuk berperan aktif tidak hanya menunggu pasar mendatangi kita, akan tetapi langkah-langkah lain pun harus diupayakan. Upaya yang dapat dilakukan berupa mendatangi pasar atau memberikan kemudahan akses yang dapat terjalin suatu jaringan, misalnya adanya layanan telepon dan pasar tinggal menunggu untuk mendapatkan produknya. Berbagai upaya senantiasa terus ditingkatkan, termasuk dalam hal komunikasi.
        Seringkali kita mendapatkan pebisnis yang kurang memerhatikan layanan dengan berkonunikasi seenaknya dikarenakan merasa produknya merupakan unggulan atau jarang terdapat di pasaran. Hal itu tentu harus dihindari. Cara memperlakukan konsumen harus tetap ditekankan sehingga pasar merasa nyaman dan akhirnya menjadi pelanggan yang loyal terhadap usaha kita.
              Untuk menguatkan jaringan jangan lupa berikan potongan harga dan berperan aktiflah dalam momen-momen tertentu sebagai upaya sosialisi produk. Potongan harga tentu akan menyebabkan kedekatan secara emosional. Pasar akan merasa diakui, dan diperhatikan. Media-media iklan seperti radio dan televisi dapat dijadikan sarana untuk membentuk kedekatan. Misalnya beberapa pelanggan yang paling loyal diberi penghormatan dengan cara menayangkannya berupa cuplikan atau berupa kata-kata terimakasih.
          Dalam persaingan bisnis, semua perusahaan cendrung ingin memberikan pelayanan terbaiknya. Dalam hal ini kita harus mengetahui seberapa jauh layanan yang diberikan oleh pesaing kita. Apakah kita sudah memberikan pelayanan yang terbaik, jangan-jangan apa yang kita lakukan adalah perasaan semata. Sementara di luar sana para pebisnis yang lain jauh memberikan pelayanan di atas kita. Sebagai upaya menghindari kejadian itu, diupayakan adanya survey ke beberapa tempat, terutama perusahaan yang menjual produk yang sama. Namun tetap dalam memberikan pelayanan kita harus dapat menyeimbangkan antara pelayanan dan disiplin. Jangan membiarkan pelanggan manja, tapi yang kita pupuk adalah pelanggan loyal dan tetap melaksanakan komitmen kerjasama yang saling menguntungkan dalam menjalani bisnis tersebut.
             Jika produk-produk yang kita jual cenderung sama dengan persahaan lain, hal yang harus kita perhatikan adalah ‘menjual perusahaan’ yang didukung oleh kualitas produk. Produk tentu banyak didapatkan di manapun. Tetapi perusahan inilah  yang harus mengambil tempat di mata pasar. Maka wacana positif merupakan perang ide yang turut menyukseskan berjalannya perusahaan kita.
  Selain itu, yang harus kita ingat bahwa Jaringan tidak hanya terbatas pada pasar. Akan tetapi semua hal yang berkaitan dengan bisnis pun harus diperhatikan sebagai aset jaringan, salah satunya jika kita mempunyai kenalan di beberapa bidang misalnya bidang hukum, ilmu komputer, ekonomi dana lain-lain. Sekiranya semua yang akan mendukung berkembangnya perusahaan, harus diperhatikan sebagai aset yang sangat berharga.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot