Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Menakjubkan, Pohon Aren Kaya Beribu Manfaat

Saatnya kita berliburan ke kampung halaman. Hei lihatlah di sepanjang jalan terlihat beberapa pohon aren. Apa itu pohon aren? Pernah Dengar? Tentunya kamu pasti tahu bahwa yang paling terkenal produk dari pohon ini adalah gula. Gula Aren. Tapi itu hanya gula saja, pohon aren sangat kaya akan berbagai manfaat.

Pohon aren dapat kita jumpai di hutan atau kebun-kebun yang ada di sekitar kita. Bila kita perhatikan bentuknya hampir sama dengan pohon kelapa, hanya saja pohon aren sangat kotor di bagian batangnya hal ini disebabkan pohon aren di balut oleh injuk yang kalau sudah tua sukar untuk di lepas dari batangnya sehingga jika dibandingkan dengan pohon kelapa yang pelepah daunnya sudah tua mudah lepas, hal itulah yang membuat pohon kelapa terlihat lebih bersih, selain itu juga yang menjadi ciri lain adalah pohon aren pada bagian batangnya sering kita lihat ditumbuhi oleh tanaman jenis paku-pakuan.
Nah dengan melihat ciri-ciri tersebut dia atas tentu sekarang kita sudah bisa mengetahui pohon aren bentuknya seperti apa.
Pohon Aren sangat  bermanfaat bagi manusia, karena dalam satu pohon aren dapat dipergunakan untuk beribu keperluan baik itu sebagai bahan makanan, penghasil bahan-bahan industri untuk kerajinan. Beberapa bagian pohon yang dapat dimanfaatkan yakni
a.    Batang pohon aren dapat berguna untuk bahan bangunan, dibuat sagu, bahan pegangan pekakas seperti cangkul ataupun pisau, dapat juga dibuat saluran air.
b.      Daun pohon aren dapat dijadikan rokok dan urat-urat daunnya dijadikan sapu lidi
c.   Ijuk dari pohon aren juga banyak digunakan untuk industri kerjadinan dan mebel seperti untuk pembuatan kursi
d.      Buah pohon aren terkenal karena jika diolah menjadi makanan pavorit saat bulan Ramadhan, apalagi kalau bukan kolang-kaling.
e.       Akar pohon aren juga banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat jamu dan herbal yang sangat berguna untuk kesehatan. 
 Melihat dari banyaknya manfaat dari pohon aren, maka marilah kita membudayakan pohon aren. Apabila kita lihat di sekitar kita banyak lahan-lahan yang tidak produktif dan dengan menanam pohon aren dapat melestarikan sumberdaya alam dan lingkungan hidup sehingga bencana banjir atau longsor dapat terhindarkan.


0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot