Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Distro, Usaha Remaja Modern yang Kreatif



Distro, Usaha Remaja Modern yang Kreatif- Siapapun saat ini pasti mengenal kata "Distro". Ya, Distro merupakan kepanjangan dari distribution Outlet. Pada perkembangannya selalu dikaitkan dengan usaha pakaian atau Clothing. Dewasa ini bisnis distro sangat menjamur di kawasan kota-kota besar di Indonesia.  Entah siapa yang menjadi pelopor bisnis distro, yang pasti bisnis ini berkembang dari industri-rumahan, sehingga untuk mengetahui asal-usul distro secara pasti sangat susah sekali.Yang pasti kata "Distro" biasanya berhubungan dengan usaha remaja modern yang kreatif. Sebelumnya baca juga Yang Muda Sukses Mandiri.
Distro biasanya merupakan bisnis yang sangat khas di bidang penjualan baju. Biasanya sebuah distro akan mempunyai merk sendiri dengan pengerjaan yang sangat terbatas. Jika perusahaan biasa memproduksi satu pakaian berpuluh-puluh, maka ini tentu berbeda dengan distro. Satu pakaian biasanya hanya dapat di satu distro. Hal inilah yang menjadi keunggulan dari distro.
Kata distro tentu sudah tidak asing lagi di kalangan remaja. Umumnya remaja menyenangi produk distro pada jenis-jenis desain tertentu, terutama yang mengusung idealisme. Sehingga saat pengerjaan distro, pemilik bisnis biasanya memproduksi produknya dengan semangat dan idealisme yang tinggi. Pada perkembangannya, produk distro tidak hanya di sukai kalangan remaja saja, tetapi kini produk ini menjadi kebutuhan semua kalangan.
Mengapa ada distro? Distro muncul ketika terjadi krisis moneter melanda negeri ini. Saat itu harga-harga menjadi mahal terutama untuk harga pakaian. Maka hadirlah sebuah produk dengan harga yang cukup terjangkau tetapi kualitas tak kalah dengan pakaian biasa. Dengan menjamurnya distro-distro dan antusiasnya para pencinta distro, bisnis distro kemudian menjadi bisnis yang menggiurkan. Bahkan beberapa distro mampu mengadakan pengembangan usaha ke wilayah lain yang cukup jauh dengan skala produksi yang cukup besar.
Untuk mendirikan sebuah distro sebetulnya tidaklah sulit. Hal ini dikarenakan modal untuk membuat distro tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan perusahaan lain. Hanya membuat distro dibutuhkan keterampilan dan terobosan-terobosan baru terutama menyangkut desain distro. Orang-orang yang kurang senang terhadap sesuatu yang berbau kreatifitas,  ide-ide, jangan harap untuk mendirikan distro. Coba kita bayangkan berapa desain di dalam sebuah distro? Hal ini menunjukkan bahwa bisnis distro meskipun relatip murah tetapi membutuhkan  semangat yang luar biasa.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembutan distro adalah membuat desain, penyablonan, dan pemasaran. Namun dalam praktiknya, pembuatan distro tidaklah sesederhan itu. Selain desain, teknik dalam penyablonan pun harus benar-benar diperhatikan. Sebelumnya seorang pebisnis distro harus benar-benar menguasai dan mengenali bahan pembuatan pakaian, yakni kain. Sehingga saat dipadukan dengan teknik sablon yang baik maka akan menghasilkan sebuah produk pakaian yang sangat menarik.
Jika dilihat dari banyaknya minat akan produk distro, dengan produk yang dihasilkan, maka tahap penyablonan merupakan hal yang sangat menentukan banyaknya jumlah produk itu sendiri. Akhir-akhir ini banyak pebisnis distro yang mengeluhkan adanya keterbatasan mesin sablon. Namun hal itu pula yang menjadikan distro semakin eksklusif di kalangan masyarakat.
Untuk menjadi pebisnis distro--sebagaimana berbisnis pada umumnya-- dibutuhkan semangat, disiplin, teknik, dan perencanaa-perancanaan yang matang untuk mendirikan bisnis ini. Sehingga bisnis distro bukan sekedar bisnis yang musiman tetapi akan berkembang menjadi bisnis yang menggiurkan.
Apakah ada permasalahan dengan distro? Tentu saja ada. Banyaknya pembajakan desain akan sangat merugikan kalangan pebisnis distro. Desain adalah karakteristik yang membedakan dengan perusahaan pakaian lain. Jika pembajakan desain semakin menjamur dikhawatirkan bisnis ini menjadi tidak menarik lagi bagi pasar pengguna pakaian. Maka diupayakan di antara pebisnis distro untuk menjunjung tinggi nilai kreatifitas dan saling menghormati karya-karya distro sebagai upaya menciptakan banyaknya lapangan pekerjaan di tengah perkembangan zaman yang semakin tidak menentu ini. Sejauh ini, bisnis distro masih merupakan salah satu bisnis primadona masyarakat Nusantara.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot