Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Kota, Tempat Unik yang Digandrungi



Kota, Tempat Unik yang Digandrungi- Setiap tahun kota selalu dipenuhi orang. Banyaknya masyarakat dengan segala impiannya untuk pergi ke kota sesungguhnya menimbulkan pertanyaan apakah mengapa kota sangat digandrungi? Sebetulnya apa itu kota? (Baca juga: Memahami Kekayaan Kampung). Kota merupakan suatu tempat unik. Dikatakan unik karena digandrungi padahal menyimpan banyak permasalahan. Memang kota merupakan pusat dari berbagai kegiatan, seperti kegiatan pemerintahan, ekonomi dan kebudayaan.

        Dalam pembangunannya kota bukanlah lingkungan yang terjadi dalam waktu yang singkat, tetapi merupakan suatu lingkungan yang dibentuk dalam waktu yang sangat panjang. Umumnya perkembangan kota merupakan bentuk dari perkembangan-perkembangan sebelumnya. Kota dibentuk dari penduduk asli dan penduduk hasil dari urbanisasi. Beberapa kota bahkan tidak dapat dipisahkan dari sejarah yang membentuk suatu kota tersebut. Sejarah menjadi salah satu yang telah memberikan andil dalam mendororng suatu wilayah untuk menjadi suatu tempat yang dinamakan kota.
           Untuk melihat apakah suatu wilayah merupakan suatu perkotaan, setiap orang tentunya mudah untuk memberikan penilaiannya. Umumnya kota dapat ditandai dari lingkungannya, sarana prasarana,  dan aktivitas manusia itu sendiri.
         Lingkungan perkotaan umumnya merupakan kawasan yang padat akan penduduk dan bangunan-bangunan. Bedirinya gedung-gedung bertingkat telah mengakibatkan lingkungan perkotaan relatif sedikit akan ruang-ruang tanah sebagai tempat berdirinya berbagai jenis tumbuhan dan ruang-ruang serapan air pun menjadi relatif berkurang. Bahkan kesuburan tanah perkotaan tak dapat dipungkiri menjadi relatif berkurang pula.
Lingkungan kota sebagai pusat kegiatan tampak menuju ke arah suatu permasalahan yang serius jika tidak ada penataan yang baik. Banyaknya aktivitas manusia yang super sibuk telah menjadikan lingkungan kota tidak mendapatkan perhatian. Berbagai pencemaran lingkungan sering kita jumpai di kota-kota bahkan tidak sedikit yang menimbulkan berbagai musibah.
          Selain lingkungan, hal yang menjadi penanda sebuah perkotaan yaitu sarana dan prasarana yang lengkap. Bagi para usahawan, kota merupakan aset yang dapat memberikan untung yang sangat besar. Maka banyak para pengusaha yang mendirikan sarana-sarana kebutuhan masyarakat seperti dibangunnya berbagai pertokoan, mall-mall, tempat hiburan dan sarana lain yang mendatangkan berbagai jenis keuntungan. Berbagai jenis barang untuk kebutuhan masyarakat pun didatangkan dari berbagai tempat termasuk dari luar negri. Tak mengherankan jika barang-barang yang termasuk langka tetap tersedia di kota-kota. Mall-mall atau pertokoan merupakan prasarana yang memenuhi akan kebutuhan sehari-hari masyarakat di perkotaan.
           Sarana dan prasarana lain adalah dibangunnya berbagai sumber pekerjaan seperti perkantoran-perkantoran dan pabrik-pabrik. Banyaknya sumber pekerjaan telah mendatangkan berjuta-juta orang untuk melakukan urbanisasi dan berusaha untuk mendapatkan pekerjaan di tempat-tempat tersebut. Maka berbagai jabatan pun ditempati mulai menjadi pegawai negri, para pebisnis, pengusaha, bahkan banyak pula yang menjadi buruh angkut di pasar-pasar tradisional.
      Di kawasan-kawasan tertentu, terdapat pula sarana-sarana pendidikan seperti dibangunnya sekolah-sekolah, perguruan tinggi dan lembaga-lembaga pendidikan. Kawasan ini cenderung lebih teratur baik dari segi tata letak pembangunan maupun aktivitas masyarakat sebagai pelaku kegiatan. Pusat-pusat pendidikan di pekotaan jelas akan lebih memberikan pelayanan lebih baik jika dibandingkan dengan sarana pendidikan yang ada di daerah-daerah. Sarana pendidikan merupakan salah satu kawasan yang cukup memberikan arti bagi pengembangan intelektual masyarakat. Bahkan dengan banyaknya minat akan pengembangan diri, antar penyedia sarana pendidikan pun terjadi persaiangan dengan meningkatkan mutu pelayanan dan sarana yang lebih lengkap. Universitas negri dan suasata berusaha menata gedung-gedung dengan sarana yang lebih canggih seperti dilengkapi dengan lipt atau elevator menunjukkan bahwa di kota merupakan salah satu tempat untuk mengembangkan diri.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot