Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Mampukah Saya Membuat Tulisan?



Mampukah Saya Membuat Tulisan?- Pertanyaan dari judul blog tersebut seringkali menghinggapi bagi para penulis pemula yang ingin eksis di dunia tulis menulis. Ya ketika akan melakukan kegiatan menulis, biasanya muncul pertanyaan mampukah saya menulis? Jawabannya tentu ya. 

            Pada dasarnya setiap orang diberi kemampuan oleh Tuhan untuk menulis. Itulah bukti bahwa sesungguhnya kita pun dapat membuat sebuah tulisan. Membuat tulisan bukanlah sesuatu yang menakutkan. Sebaliknya kegiatan menulis adalah kegiatan yang mengasyikan. Hal tersebut dikarenakan kita dapat membuat sesuatu sesuai dengan imajinasimu. Kamu dapat terbang, menyelam ke dasar laut, atau berjalan dalam kobaran api. Semuanya dapat kita  tulis dalam sebuah tulisan.
            Selanjutnya jika kelak tulisan tersebut telah selesai, kita dapat menikmati atau diberitahukan kepada orang lain, melalui berbagai media salah satunya dengan blog. Bahkan akhir-akhir ini kegiatan menulis dapat dijadikan pekerjaan. Banyak penulis-penulis yang menjadi kaya karena tulisannya. Apakah kamu tahu Penulis buku Harry Potter? Atau sederet bloger terkenal, ia merupakan salah satu orang kaya di dunia yang penghasilannya dari hasil menulis tulisan.
            Kamu pun demikian, jika kita bertekad ingin membuat sebuah tulisan. Maka lakukanlah dengan segera. Dalam arti kita harus mempunyai keinginan dan keberanian untuk menulis tulisan. Umumnya setiap orang yang akan menulis merasa tidak pede. Ia masih bertanya-tanya bisa gak, namun hal itu harus dibuang jauh-jauh. Seorang penulis akan merasa bahwa dirinya mampu. Adapun mental yang harus dimiliki seorang penulis tulisan adalah sikap percaya diri, gemar belajar, memiliki kepribadian yang terbuka, memiliki ketertarikan terhadap banyak hal, jeli dan peka jika melihat sesuatu, dan menghargai setiap karya orang lain.
            Sikap pecaya diri harus benar-benar kamu tumbuhkan. Adanya rasa kurang percaya diri harus kita lawan, percaya bahwa sebenarnya setiap orang memiliki kelebihan dan kemampuan untuk menulis. Yakinkan bahwa saat ini akan menyelesaikan tulisan yang akan ditulis. Bahkan suatu saat ada keinginan bahwa tulisan tersebut akan dibaca oleh banyak orang, untuk itu mulailah menulis tulisan, tetapi untuk memperdalam tulisan, kita pun tetap harus menjadi seorang yang gemar belajar.
      Seorang penulis biasanya adalah seorang pembaca. Karena dari sebuah bacaan ia akan mendapatkan ide-ide untuk ditulisnya. Jadi jangan harap kita dapat menulis, jika tidak senang membaca. Perlu diketahui bahwa belajar tidak hanya di lakukan di sekolah. Dimanapun berada pelajarilah semua yang ada. Karena semua yang ada di muka bumi ini merupakan bahan-bahan dalam membuat suatu tulisan. Kenalilah dan perhatikan semua yang ada di bumi dengan jeli. Sehingga ketika menulis tulisan tidak akan kekuarangan bahan.
            Kita harus percaya bahwa semua kegiatan atau pekerjaan membutuhkan proses untuk menjadi sesuatu yang bagus. Sebagai perumpamaan, dahulu sewaktu kecil, kita adalah seorang bayi yang tidak dapat berbuat apa-apa, namun seiring dengan bertambahnya usia sekarang mampu berjalan, makan sendiri, berbicara, dan lain-lain. Begitupun dengan menulis, harus yakinkan bahwa apa yang dilakukan adalah bagian dari proese belajar. Untuk itu kita pun harus percaya pada proses. Jika tulisan pertama kita kurang begitu baik, maka selanjutnya harus membuat tulisan lebih baik lagi. Lakukanlah proses itu dengan menanamkan percaya diri dan keterbukaan hati. Demikian motifasi ini mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada teman-teman ingin menambahkan, silahkan berikan komentar anda….

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot