Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Mengetahui Gejala Penyakit ISPA



Salam sehat, teman-teman…. Di jalanan kota besar, sudah tidak asing lagi dengan kondisi jalanan yang super sesak alias macet. Bagaimana di tempat kalian? Pastinya di tempat sobat juga pada macet.   Mungkin si komo lewat

(Baca: Kota Tempat Unik yang Digandrungi) 

Tak pelak selain meninggikan tensi darah, macet juga menyebabkan tenggorokan terasa panas dan seringkali membuat kita sakit, salah satunya penyakit ISPA. Duh apalagi kalau yang terjangkit itu adalah anak kita… gak rela
Supaya kita tak terkena penyakit itu, yuk kita kenali penyakit tersebut.


Mengetahui Gejala Penyakit ISPA- ISPA merupakan singakatan dari Infeksi Saluran Pernafasan Akut yang meliputi saluran pernafasan bagian atas dan saluran pernafasan bagian bawah. Saluran pernafasan di sini adalah saluran yang berhubungan dengan masuknya udara dari hidung sampai gelembung paru-paru organ organ di sekitarnya seperti sinus, ruang telinga tengah dan selaput paaru.
        ISPA biasanya berlangsung tidak telalu lama, yakni sekitar 14 hari. Sebagian besar hanya bersifat ringan seperti batuk, pilek dan tidak membutuhkan pengobatan dengan penggunaan antibiotik. Gangguan simtem ini biasanya dapat ditularkan melalui ludah, bersin, darah, dan udara hasil pernafasan yang terjirup oleh orang yang sehat. ISPA itu sendiri biasaya ditimbulkan oleh virus dan dan kuman-kuman lainnya seperti streptococcus.
           ISPA dapat menyerang berbagai kalangan, tetapi banyak pula yang menyerang balita. terutama apabila terdapat gizi kurang dan keadaan lingkungan yang tidak bersih. Risiko utama yang terjadi pada anak-anak disebabkan meningkatnya kemungkinan infeksi silang, beban immunologisnya terlalu besar karena dipakai  untuk penyakit parasit dan cacing, serta tidak tersedianya atau berlebihannya pemakaian antibiotik.
            Secara umum, ISPA dapat diketahui dengan gejala-gejala sebagai beriktu.
·         Pernafasan: Nafas tak teratur dan cepat, tertariknya kulit ke dalam dinding dada, suara nafas lemah atau hilang.
·         Denyut jantung cepat atau lemah, hipertensi, hipotensi dan gagal jantung.
·         Gelisah, mudah terangsang, sakit kepala, bingung, kejang dan koma.
·         Merasakan letih dan berkeringat banyak.
Pada umumnya penyakit saluran pernafasan ditandai dengan keluhan-keluhan dan gejala-gejala yang ringan. 

(baca: Rokok Merupakan Gudang Racun Sumber Penyakit yang Berbahaya). 

Namun jika penganan penyakit ini tidak sesegera mungkin,  dapat memungkinkan gejala-gejala yang mengarah pada hal yang lebih berat. Pada tahap yang lebih jauh, ISPA dapat menyebabkan masuk dalam keadaan kegagalan pernafasan,  bahkan kemungkinan meninggal. Jika sudah terjadi kegagalan pernafasan, maka penanganan yang diberikan tentu akan membutuhkan penangkalan yang lebih rumit. Untuk itu, setiap orang yang terjangkit ISPA sebaiknya melakukan pencegahan atau pengobatan sedini mungkin, untuk mencegah terjadinya kegagalan pernafasan.
      Untuk menghindari dari hal tersebut sebaiknya semua pihak mendapatkan informasi dari berbagai media atau sarana konsultasi kesehatan, agar kejadian ISPA tidak mengarah pada tahap yang membahayakan. Anak-anak sebaiknya dibawa ke pusat-pusat kesehatan jika terlihat ada gelaja-gejala yang menunjukkan adanya penyakit ISPA. Jika sudah terjangkit ISPA seperti pneumonia berat harus segera dibawa ke rumah sakit untuk diberikan pertolongan secepatnya. Jika bukan Pneumonia, penderita ISPA dapat juga dilakukan perawatan rumah, seperti penyakit batuk dapat dilakukan pengobatan dengan menggunakan ramuan tradisional atau dengan penggunaan obat kimia yang tidak mengandung zat merugikan seperti kodein dan sejenisnya.
          Sebagai bentuk dari antisipasi terhadap terjangkitanya penyakit ISPA beebrapa hal yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut.
  1. menjaga gizi agar tetap baik
  2. pmenjaga kebersihan badan dan kebersihan lingkungan
  3. Menahan untuk sementara waktu, jika ada penderita ISPA agar tidak terjadi penularan
  4. Melakukan Imunisasi
  5. Berusaha untuk mendapatkan informasi kesehatan termasuk pengetahuan mengenai ISPA itu sendiri.
        Penanganan ISPA tentu merupakan usaha yang harus dilakukan oleh semua kalangan. Untuk itu diperlukan adanya kerjasama antara pihak pemerintah, petugas kesehatan dan seluruh lapisan masyarakat. Sumber-sumber yang menyebabkan rusaknya lingkungan dan menimbulkan berbagai penyakit sudah semestinya mendapatkan solusi penangan yang baik dengan secepat mungkin.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot