Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Tanahku Jangan Kau Cemari




Tanahku Jangan Kau Cemari
Selamat pagi, siang atau sore teman…

Kali ini, penulis ingin berbagi pengalaman. Biasanya kan setiap akhir tahun atau setiapa setiap tiga bulan sekali aku dan istriku sering pergi mengunjungi mertuaku yang terletak di suatu daerah. Daerah tersebut terkenal asri dengan berbagai pemandangan yang sangat indah. 

           Daerahnya berupa pedesaan dengan hamparan sawah yang begitu luasnya. Namun saat terakhir aku merkunjung mendadak ada yang terasa aneh, sebab di sepanjang perjalanan yang biasanya dinikmati sebagai sebuah pemandangan, berubah menjadi sesuatu yang berbeda. Di sepanjang jalanan kini berdiri berpuluh-puluh pabrik dan jalanan menjadi macet. Suasana pun berubah menjadi panas. Ada apa ini? Kok daerah pertanian kini disulap menjadi daerah industry? Ini adalah pencemaran tanah dan dapat dipastikan sepanjang jalanan tersebut dalam kurun waktu yang tak begitu lama akan muncul berbagai bencana seperti banjir, kumuh dan lain-lain. Pencemaran tanah tentu sangat merugikan semua pihak. Pencemaran tanah akan mengakibatkan dampak atau akibat terhadap beberapa beberapa faktor. Apa itu dampak pencemaran tanah? Dampak pencemaran tanah adalah akibat yang ditimbulkan dari tanah yang tercemar. Dengan demikian tanah akan menimbulkan kerugian-kerugian bagi kehidupan. Terdapat beberapa dampak yang ditimbulkan dari pencemaran tanah. Supaya kita lebih memahaminya, marilah kita perhatikan hal-hal berikut.

1. Terhadap kesehatan
Dampak pencemaran bagi kesehatan biasanya terjadi karena dipengaruhi oleh zat kimia yang menyertainya. Dampak tanah terhadap kesehatan biasanya melalui sentuhan atau termakan. Tanah yang telah terkena pencemaran dapat masuk ke tubuhmu, misalnya ketika kita bermain, tidak mencuci tangan sebelum makan dan sebagainya.
            Zat kimia yang masuk ke tubuh akan menimbulkan berbagai penyakit baik secara langsung maupun, dalam jangka pangjang. Secara langsung misalnya akan merasakan pusing dan mual-mual akibat racun dari tanah yang tercemar. Sementara dampak yang akan dirasakan dalam jangka panjang misalnya akan menimbulkan kerusakan pada otak, ginjal, hati bahkan jika zat yang masuk sangat banyak akan menimbulkan kematian.
Dengan mengetahui pencemaran tanah diharapkan kita dapat mengenali tanah yang tercemar. Dengan begitu kita akan hati-hati dalam menggunakan tanah. Ikutilah anjuran dari orang tuamu yang menyuruh mencuci tangan sebelum tangan. Bermainlah di tanah yang bersih. Pakailah alas kaki ketika kita bermain atau berjalan.

2. Ekosistem
Selain memberikan dampak terhadap kesehatan pencemaran tanah juga dapat memberikan dampak terhadap ekosistem. Tentunya sobat tahu apa itu ekosostem? Ekosistem adalah kumpulan dari beberapa populasi. Sementara populasi adalah kumpulan dari individu. Jika terjadi pencemaran pada tanah, maka ekosistem juga akan tercemari dan merasakan dampaknya. Seperti apa ya dampaknya?
            Kita tentu tahu penyebab pencemaran tanah biasanya terjadi akibat zat yang berbahaya yang ditimbulkan dari pembuangan sampah atau kebocoran pabrik. Kejadian tersebut akan menimbulkan perubahan kimia. Perubahan ini dapat menyebabkan rusaknya tumbuhan kecil maupun tumbuhan besar. Tumbuhan kecil biasanya merupakan bahan makanan bagi sekelompok hewan tertentu. Jika hewan tersebut memakan tumbuhan yang terkena zat yang berbahaya, maka hewan yang lainnya pun ikut terkena bahaya zat tersebut. Dengan demikian rantai makanan akan terganggu, bahkan menimbulkan musnahnya hewan-hewan tersebut dan ekosistem menjadi terganggu.
            Selain itu, pengaruh dari pencemaran tanah dapat menimbulkan kerusakan jangka panjang bagi hewan. Hal itu misalnya, akan terjadi pada kerusakan cangkang telur dan meningkatkan  angka kematian bagi anak-anak burung. Dampak lain dari pencemaran tanah yaitu  pada pertanian yang menyebabkan penurunan hasil pertanian. Sehingga para petani akan mengalami kerugian.
Hal lain yang dapat menyebabkan dampak lanjutan pada konservasi tanaman adalah tidak mampunya tanaman menahan lapisan tanah dari erosi. Bahan pencemar ini biasanya terjadi dalam waktu yang panjang.  
Semoga dengan curhatan ini, pemerintah, atau yang memberikan izin-izin untuk proyek pembangunan industry seperti pabrik dapat mencermati dan memperhatikan lingkungan sekitar. Kita harus sadar bahwa setiap pembangunan harus disesuaikan dengan tata letak daerah sehingga tidak tumpang tindih, tidak asal membangun. Tetapi pemberi ijin harus bisa menempatkan mana daerah yang layak dijakadikan industry, mana deerah yang tidak boleh diganggu kelestariannya. Dengan demikian lingkungan ini akan tetap terjaga. Salam damai selalu, mari kita jaga negeri tercinta ini dengan segenap jiwa.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot