Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Misteri Moai dan Pulau Paskah



Mungkin diantara kita sering melihat gambar patung di atas tersebut, baik berupa ukiran kalung ataupun desain baju, dan mungkin di antara kita ada yang belum mengetahui namanya. Ya itu adalah moai. Ada banyak misteri yang tesimpan di tempat Moai berada. Marilah kita ketahui apa itu Moai dengan saksama.

Moai adalah patung-patung yang terbuat dari batu di pulau paskah. Pulau  paskah adalah pulau sedikit penghuninya dan merupakan bagian dari milik negara Chili yaitu di selatan Samudera Pasifik. Orang yang pertama  menempati daerah ini adalah imigran yang berasal dari Polinesia yang bernama Jacob Rogeveen yang mendarat di pulau tersebut pada hari minggu Paskah 1722. Peradaban di Pulau Paskah mengalami kemerosotan setelah 100 tahun sebelum kedatangan bangsa Belanda.
Di Pulau Paskah tersebut terdapat 600 Moai yang tersebar di pesisir pulau. Para arkeologis memperkirakan peroses pemahatan moai dilakukan pada tahun 1600 sampai 1730. Moai yang sering kita kenal merupakan patung yang hanya kepala saja, akan tetapi sebenarnya patung Moai mempunyai batang tubuh yang lengkap. Keadaan tersebut diakibatkan dari adanya timbunan tanah.
Istilah Moai adalah “tempat pekuburan atau tempat mengantuk” yang merupakan perwujudan dari persembahan kepada nenek moyang yang menyalurkan mana, yaitu suatu kekuatan atau energi bagi kehidupan. Hal ini dapat terlihat dari bagian bawah Moai yang berupa lempengan batu sebagai tempat untuk meletakkan tulang-tulang manusia.
Moai yang terbesar mempunyai berat sekitar 60 ton dengan keinggian 20 m. sampai saat ini orang-orang masih mempertanyakan bagaimana para pembuat Moai membawa batu yang sangat besar ke tempat tersebut. Saat ini pulau paskah hanya sedikit terdapat pepohonan. Dilakukannnya eksploitasi lingkungan dikarenakan untuk pembuatan Moai serta untuk kepentingan para nelayan dalam membuat perahu dan bangunan. Selain itu, faktor yang tidak diuntungkan dari debu vulkanik pun menyebabkan pulau ini menjadi tidak subur dan kering.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot