Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Piramida, Bukti Misteri di Balik Sejarah Firaun



Di bagian Timur Tengah, terdapat salah satu keajaiban dunia yang sangat mengagumkan, yaitu piramid. Bukti sejarah ini sampai sekarang masih dalam penelusuran untuk mengetahuinya secara rinci perihal pembuatannya. Berbagai argumen dikemukan oleh para pakar sejarah sebagai bentuk ketertarikannya untuk menguasai hal-hal yang berkaitan dengan piramid.

Piramid adalah makam fir’aun dan orang-orang terdekatnya, khusunya di daerah Mesir. Pada masa terdahulunya, orang-orang Mesir memuja banyak dewa seperti dewa Ra, yaitu Dewa Matahari yang menciptakan dunia, dewa-dewa,  manusia, dan ayah firaun. Ia digambarkan dengan kepalanya berbentuk burung elang dan bertudung piringan matahari. Orang mesir pun percaya ada kehidupan setelah kematian. Untuk mencapai suatu kenyamanan maka berbagai benda ditempatkan pula bersama orang yang telah mati. Bagi manusia khususnya fir aun yang mati dibuatlah mummi yang bertujuan untuk menyatukan jiwa dengan tubuh yang masih utuh yang diletakkan di dalam sebuah tempat. Ia percaya bahwa kehidupan setelah mati tergantung pada pengawetan tubuh mereka. Maka selain dibalsem dan dibentuk mummi, orang-orang tersebut selanjutnya disembunyikan di dalam tanah di bawah batu-batu besar, dengan lorong-lorong yang ditutup untuk menghindari perampokan. Mereka menyembunyikan dalam sebuah bangunan yaitu piramid.
      Piramid adalah bangunan yang terbuat dari batu-batu. Sampai saat ini ditemukan sekitar 80 piramid di Mesir dan 100 di Sudan. Namun piramid Mesir mempunyai kelebihan tersediri di samping luas bangunannya yang sangat besar. Piramid yang pertama dibuat diperkirakan adalah piramid Djoser yang dibangun oleh Imhotep menjelang tahun 2760 SM. Namun sampai saat ini, piramid yang dianggap paling besar adalah piramid Giza yang dipersembahkan pada raja Cheops atau disebut piramida Khufu yang mempunyai tinggi 147 m (namun sekarang menjadi 137m) dari dinasti keempat.
Piramid Giza merupakan piramid besar yang terdiri dari tiga bangunan piramid dan satu patung spink. Ketiga bangunan tersebut adalah piramid Khufu (cheops), Khafre (Rakhaef), dan Menkaure (Mycerinus). Diperkirakan untuk membuat piramid Khufu membutuhkan waktu 20 tahun dengan jumlah pekerja sekitar 100.000 orang buruh yang akan mempekerjakan 2,3 juta blok batu, di mana setiap blok batu kapur atau granit mempunyai tinggi 2 meter. Kawasan Giza sendiri merupakan kawasan yang dekat dengan sungai yang sangat terkenal yaitu sungai Nil. Sungai Nil dan piramid ini mempunyai keterkaitan dalam hal pembuatan piramid.
Diperkirakan batu-batu yang menjadi bahan untuk pembuatan piramid adalah batu-batu yang didatangkan dari berbagai daerah melalui jasa pengangkutan sungai Nil. Misalnya batu kapur dari Tura, granit dari Aswan, tembaga dari Sinai dan peti kayu dari Libanon. Selanjutnya bahan-bahan tersebut diangkut melalui jalan atau tangga pengiriman yang dilengkapi dengan batuan timbunan. Tangga-tangga tersebut ditutupi lumpur sehingga menjadi licin. Batu-batu kemudian ditarik ke tempat tujuan melalui tangga yang tegak lurus di sebelah pirmid.
            Meskipun keberadaannya sangat kokoh, dengan lorong-lorong pengamanan, tetap upaya-upaya penjarahan sering terjadi di lingkungan piramid. Itulah sedikit tentang piramida, semoga bermanfaat….

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot