Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Terumbu Karang yang Mengagumkan



Terumbu Karang yang Mengagumkan- Terumbu karang merupakan hewan karang yang bersimbiosis dengan tumbuhan sejenis alga. Hewan-hewan ini terlihat berwarna-warni dan sangat mengagumkan. Terumbu karang dapat kita lihat dengan jelas terutama di kawasan pantai yang jernih dan dangkal, seperti di kawasan pantai taman laut.

      Terumbu karang mempunyai bentuk dan sifat keras yang berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh zat kapur yang dikandungnya. Beberaapa terumbu karang yang keras adalah hewan-hewan yang mengandung zat kapur lebih banyak jika dibandingkan dengan terumbu karang yang lunak. Mereka hidup  dengan memakan mikroorganisme yang melayang diperairan.
      Terumbu karang merupakan kekayaan alam yang sangat berharga dan bermanfaat. Manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat dan lingkungan itu sendiri. Bagi lingkungan, terumbu karang mempunyai peranan untuk mencegah terjadinya abrasi. Bentukan karang yang sangat keras dapat menahan keadaan pantai dari terjangan gelombang. Selain itu, keberadaannya juga dapat menentukan banyaknya sumber kehidupan lainnya. Dimana Kawasan tersebut merupakan tempat berlangsungnya binatang perairan terutama jenis ikan. (Baca: Ikan, Sumberdaya Terbesar di Lautan) Terumbu karang sendiri menjadi bahan makanan ikan-ikan tersebut. Maka terumbu karang menjadi produsen dari rantai makanan yang ada di perairan pantai. Kita dapat melihat keaslian terumbu karang yang masih terjaga dengan  banyaknya aktivitas ikan-ikan di sekitar kawasan tersebut. Secara tidak langsung, jika kita menjaga kelestarian terumbu karang maka masyarakat akan mempunyai sumber-sumber ikan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan.
      Untuk keperluan pendidikan, kawasan ini juga sering menjadi kawasan untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi para peneliti yang mencintai keberadaan perairan terutama yang menyangkut terumbu karang.
      Terumbu karang banyak kita jumpai di berbagai kawasan pantai Indonesia. Lebih dari 600.000 km2 terumbu karang tersebar di kawasan barat sampai ke kawasan timur Indonesia. Kekayaan akan terumbu karang yang melimpah ini sudah semestinya dapat kita jaga dengan baik dan benar. Mengingat kawasan terumbu karang adalah lingkungan bagi berbagai jenis ikan. Maka setiap orang sudah seharusnya mengerti bertapa sangat menentukan keberaannya di perairan. Agar kelak sumber-sumber penghasilan masyarakat dapat terus terpenuhi dengan baik.  Kawasan ini  akan terjada dengan baik jika kita semua dapat memanfaatkan sumberdaya terumbu karang dengan baik. Hal-hal yang menyebabkan rusaknya terumbu karang sudah seharusnya mendapatkan hukuman yang tegas dari aparat yang berwenang.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Post no Thumbnail by Tutorial Blogspot